5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah
5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah

Mudahnya Bank Syariah

5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah

11 Oktober 2024

5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah

5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah – Di era modern, memiliki kendaraan pribadi adalah kebutuhan yang semakin penting bagi banyak orang. Kendaraan tidak hanya memudahkan mobilitas, tetapi juga berperan dalam menunjang produktivitas sehari-hari. Namun, tantangan utama yang sering dihadapi adalah bagaimana kita dapat membelinya sesuai dengan kondisi keungan kita melalui pembiayaan yang memenuhi aturan syariah islam. Hal itulah yang membuat pembiayaan SalamMobil dan SalamMotor AlSalaam hadir sebagai Solusi pembiayaan sesuai Syariah, Tanpa riba, dan Tanpa Wakalah. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima keuntungan membeli kendaraan dengan pembiayaan syariah.

1. Bebas Riba dan Transaksi Halal

Salah satu keuntungan utama dari pembiayaan syariah adalah bebas dari riba. Dalam konsep keuangan syariah, transaksi berbasis riba atau bunga dilarang, karena dianggap tidak adil dan merugikan. Sebagai gantinya, pembiayaan syariah menggunakan konsep akad murabahah, di mana lembaga keuangan dan nasabah sepakat atas margin keuntungan tetap yang adil di awal.

Tentunya hal ini dapat memberikan rasa tenang bagi Anda sebagai nasabah yang ingin terhindar, dari transaksi yang dilarang dalam agama Islam. Selain itu, transaksi yang dilakukan sesuai dengan prinsip syariah lebih transparan dan adil, karena tidak ada biaya tambahan tersembunyi.

2. Kepastian Biaya dan Tidak Ada Biaya Tambahan

Berbeda dengan pembiayaan yang menerapkan bunga mengambang, pembiayaan syariah menawarkan kepastian biaya. Ini berarti sejak awal, Anda sudah tahu total jumlah yang harus dibayar hingga akhir masa pembiayaan. Dalam akad murabahah, misalnya, harga kendaraan serta margin keuntungan bagi bank atau lembaga keuangan sudah ditentukan dan disepakati sejak awal.

Dengan begitu, tidak ada risiko biaya tambahan yang muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini memberikan kenyamanan bagi nasabah, karena mereka bisa merencanakan keuangan jangka panjang dengan lebih baik tanpa khawatir adanya perubahan suku bunga yang sering terjadi pada pembiayaan konvensional.

Baca juga: Kemeriahan Muslim Life Fair 2024 Bank Syariah Alsalaam di Bandung

3. Adil dan Transparan

Pembiayaan syariah didasarkan pada prinsip keadilan dan transparansi, di mana semua pihak yang terlibat, baik nasabah atau pembeli, penjual maupun lembaga keuangan, harus sama-sama mendapatkan manfaat tanpa ada yang dirugikan. Dalam akad syariah, prosesnya sangat terbuka; nasabah mengetahui secara jelas rincian harga, margin keuntungan, dan tenor pembiayaan sejak awal.

Selain itu, nasabah juga dilindungi dari potensi penipuan atau ketidakadilan dalam perjanjian. Keadilan inilah yang membuat banyak orang lebih memilih pembiayaan syariah, karena merasa lebih aman dan tidak dibebani dengan syarat-syarat yang tidak transparan.

4. Sesuai dengan Nilai-Nilai Islam

Bagi umat Islam, pembiayaan syariah tidak hanya soal keuntungan ekonomi, tetapi juga bagaimana memastikan bahwa setiap aspek hidup mereka sesuai dengan ajaran agama. Membeli kendaraan dengan pembiayaan syariah memungkinkan Anda untuk tetap menjalani prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan finansial sehari-hari. Tidak hanya kendaraan, pembiayaan syariah juga mencakup berbagai produk keuangan lain seperti perumahan, usaha, dan pendidikan.

Selain itu, lembaga keuangan syariah berkewajiban untuk mengelola dana yang dimiliki sesuai dengan syariah dan kebermanfaatan ummat. Dengan begity nasabah tidak hanya mendapatkan manfaat finansial, tetapi juga berpartisipasi dalam mendukung ekonomi yang lebih berbasi keumatan.

Baca juga: tips perawatan mobil keluarga anda

5. Fasilitas dan Layanan yang Kompetitif

Banyak yang mengira, bahwa pembiayaan syariah memiliki layanan yang lebih terbatas dibandingkan pembiayaan konvensional. Namun, pada kenyataannya, lembaga keuangan syariah menawarkan berbagai fasilitas yang tidak kalah kompetitif. Dari proses pengajuan yang mudah hingga berbagai promo menarik, dan tentunya proses yang sesuai dengan syariah.

Jika Anda tertarik dengan pembiayaan berbasis syariah, dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai mekanisme maupun produk yang ditawarkan, Anda bisa langsung menghubungi Bank Syariah AlSalaam

 

Berita Lainnya

5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah

5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah

11 Oktober 2024

5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah 5 Keuntungan Membeli Kendaraan dengan Pembiayaan Syariah – Di era modern, memiliki kendaraan pribadi adalah kebutuhan yang semakin penting bagi banyak orang. Kendaraan tidak hanya memudahkan mobilitas, tetapi juga berperan dalam menunjang produktivitas sehari-hari. Namun, tantangan utama yang sering dihadapi adalah bagaimana kita dapat membelinya sesuai dengan kondisi keungan kita […]

Gaji Kecil Bisa Punya Rumah

Gaji Kecil Bisa Punya Rumah

Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Namun, bagi sebagian besar masyarakat dengan penghasilan kecil, impian ini seringkali terasa jauh dari jangkauan. Berita baiknya, ada solusi bagi Anda yang punya Gaji Kecil Bisa Punya Rumah yaitu melalui KPR Syariah atau Cicilan rumah Syariah Apa Itu KPR Syariah? KPR Syariah adalah kredit pembiayaan rumah yang menggunakan […]

Mudahnya Bank Syariah : Pembiayaan Syariah Cara Jual-Beli

Mudahnya Bank Syariah : Pembiayaan Syariah Cara Jual-Beli

27 September 2021

Yang popular dari perbankan syariah adalah kata ‘bagi hasil’, sampai-sampai sebagian masyarakat menganggap setiap transaksi dengan Bank Syariah menerapkan cara ‘bagi-hasil’. Padahal, untuk transaksi pembiayaan (financing) saja, masih ada 5 (lima) cara lain yang boleh digunakan, yaitu: jual-beli, sewa-menyewa, sewa-beli, pinjam-meminjam dan sewa-menyewa jasa. Sedangkan untuk transaksi pendanaan (funding) ada dikenal cara wadiah untuk produk […]