Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?
Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?

Akademi AlSalaam

Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?

26 Mei 2023

Literasi keuangan menjadi sebuah pembahasan menarik dan dianggap penting serta dikaitkan dengan kondisi kehidupan kita. Hidup memang bukan segalanya tentang uang, tetapi di jaman yang serba elit dan maju ini dari berbagai generasi pasti memerlukan serta menggunakan uang baik untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tersier, sosial dan rohani. Tetapi apakah sudah dikelola dan terencana dengan baik?

Berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan masyarakat Indonesia khususnya kalangan usia 15-18 tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 menunjukkan indeks tingkat literasi keuangan sebesar 38,03%. Sedangkan pada tahun 2022 indeks tersebut meningkat sebesar 49,68%. Hal ini menunjukkan sebagian masyarakat menyadari bahwa pengelolaan keuangan dalam kehidupan itu penting.

Literasi keuangan secara umum merupakan pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang dapat memberikan keyakinan terkait lembaga keuangan dengan berbagai produk di dalamnya. Tidak hanya mengenai pengetahuan, keterampilan dan keyakinan dalam mengelola uang saja. Tetapi juga meliputi sikap dan perilaku menggunakan uang secara bijak, baik untuk mengelola kebutuhan sehari-hari hingga rencana investasi dan menabung untuk masa depan. Berikut tingkat pemahaman literasi keuangan di kalangan masyarakat luas:

1. Well Literate

Sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan dan keyakinan terkait lembaga keuangan, serta mengenal fitur produk, risiko, hak dan kewajiban.

2. Sufficient Literate

Sekelompok masyarakat Indonesia yang cukup mengetahui terkait Lembaga keuangan baik dari segi jasa keuangan, produk dan jasa keuangan secara mendasar.

3. Less Literate

Masyarakat yang hanya memiliki pengetahuan terkait jasa dan produk keuangan saja.

4. Not Literate

Masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap Lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan.

Memahami literasi keuangan yang diimbangi dengan perkembangan teknologi dan informasi, dapat memudahkan kita untuk mengetahui produk-produk yang terdapat pada Lembaga keuangan, salah satunya pada bank syariah dimana berfungsi membantu dan memudahkan transaksi untuk kebutuhan sehari-hari.

Manfaat memiliki literasi keuangan yang baik tidak hanya menumbuhkan kesadaran masyarakat, tetapi juga dapat membantu untuk mengambil keputusan keuangan secara cerdas, membantu dalam membuat anggaran dengan baik serta dapat mengendalikan perhitungan dalam peminjaman yang mungkin akan menyulitkan kehidupan kita dan anggota keluarga lainnya.

Nah pemahaman tingkat literasimu sudah ditingkat mana sahabat?

Berita Lainnya

Mobil Pertama Pasti Istimewa

Mobil Pertama Pasti Istimewa

17 September 2023

Mobil pertama menjadi momen yang mungkin akan terus dikenang oleh semua orang. Karena momen tersebut bisa memunculkan kebahagiaan kita, apalagi membeli dengan jerih payah sendiri. Tetapi, membeli mobil pertama bisa menjadi momen menakutkan juga, apabila kita tidak bisa membeli dengan tepat. Banyak hal yang harus diperhatikan seperti jenis mobil, budget, dokumen bahkan kondisi kita sendiri. […]

Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?

Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?

26 Mei 2023

Literasi keuangan menjadi sebuah pembahasan menarik dan dianggap penting serta dikaitkan dengan kondisi kehidupan kita. Hidup memang bukan segalanya tentang uang, tetapi di jaman yang serba elit dan maju ini dari berbagai generasi pasti memerlukan serta menggunakan uang baik untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tersier, sosial dan rohani. Tetapi apakah sudah dikelola dan terencana dengan […]

Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

30 Januari 2023

Hadapi 2023 dengan Optimis melalui kualitas finansial yang stabil pasti dijadikan impian bagi banyak orang. Namun dengan adanya isu resesi, sahabat harus mulai menerapkan sistem pengaturan yang tepat terhadap keuangan sahabat untuk hadapi 2023. Melalui cara-cara tepat di bawah ini, sahabat bisa mencoba memulai mengatur manajemen keuanganmu. Selamat mencoba! Cara Mengatur Keuangan 1. Anggaran Keuangan […]