Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

BPR Al-Salaam

Implementasi Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

Akademi AlSalaam

Implementasi Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

20 Oktober 2022

Pengertian Maqashid Syariah

Maqashid Syariah adalah tujuan syariah yaitu sebuah konsep dalam Islam untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat. Menurut Wahbah Al-Zuhaili dalam Ushul al-Fiqh al-Islami bahwa maqashid syariah adalah makna-makna dan tujuan-tujuan yang dipelihara oleh syara’ dalam seluruh atau sebagian besar hukumnya, atau tujuan akhir dari syariat dan rahasia-rahasia yang diletakkan oleh syara’ pada setiap hukumnya. Kemudian terkait dengan hal ini, Syatibi dikutip dari jurnal Strafitikasi al-Maqasid al-Khamsah tulisan Nilda Susilawati menyatakan bahwa untuk mewujudkan kemaslahatan di dunia dan akhirat, ada lima pokok yang harus diwujudkan dan dipelihara, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta.

Menjaga Agama

Menjaga agama sebagai bentuk penjagaan Islam terhadap agama, Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk beribadah. Beberapa bentuk ibadah tersebut adalah sholat, zakat, puasa, haji, dzikir, doa, dan lain-lain.

Menjaga Jiwa

Sedangkan dalam rangka menjaga jiwa, Allah SWT mengharamkan membunuh manusia tanpa alasan yang dibenarkan oleh Islam. Jika terjadi sebuah pembunuhan, wajib atasnya ditegakkan qishas (QS. Al-Baqarah: 178). Selain larangan menghilangkan nyawa orang lain, Islam juga melarang bunuh diri. (QS. An-Nisaa:29).

Menjaga Akal

Selain itu berkaitan dengan menjaga akal syariat Islam melarang minuman keras, narkotika, dan apa saja yang dapat merusak akal. Ini bertujuan untuk menjaga pikiran manusia dari apapun yang dapat mengganggu fungsinya.

Menjaga Keturunan

Dalam hal menjaga keturunan, islam mewajibkan memperbaiki kualitas keturunan, membina sikap mental generasi penerus agar terjalin rasa persahabatan di antara sesama umat manusia, dan diharamkannya zina serta perkawinan sedarah.

Menjaga Harta

Terakhir berkaitan dengan menjaga harta kita dituntut untuk memperoleh harta yang halal, Islam mengharamkan umatnya memakan harta manusia dengan jalan yang batil, misalnya mencuri, riba, menipu, mengurangi timbangan, korupsi, dan lain-lain.

Good Money Habit

Lalu apa hubungannya dengan Good Money Habit? Good Money Habit adalah kebiasaan baik dalam menggunakan dan membelanjakan uang. Hal ini tentunya sangat sejalan dengan salah satu poin pokok Maqashid Syariah yaitu menjaga harta. Seperti mendapatkannya harus halal, tidak boros, mencari keberkahan dari harta kita dengan sedekah serta investasi untuk dunia dan akhirat. InsyaAllah Good Money Habit akan tercapai pada diri kita.

Berita Lainnya

Implementasi Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

Implementasi Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

20 Oktober 2022

Pengertian Maqashid Syariah Maqashid Syariah adalah tujuan syariah yaitu sebuah konsep dalam Islam untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat. Menurut Wahbah Al-Zuhaili dalam Ushul al-Fiqh al-Islami bahwa maqashid syariah adalah makna-makna dan tujuan-tujuan yang dipelihara oleh syara’ dalam seluruh atau sebagian besar hukumnya, atau tujuan akhir dari syariat dan rahasia-rahasia yang diletakkan oleh […]

Ingin Mobil Impian Aman ? Ini Cara Aman Dapetinnnya!

Ingin Mobil Impian Aman ? Ini Cara Aman Dapetinnnya!

28 Juli 2022

Mobil merupakan kendaraan roda 4 yang dimana setiap orang pasti merasa bangga jika memilikinya secara pribadi, apalagi mobil yang dimiliki tersebut adalah mobil impiannya. Tetapi mobil impian atau asset yang satu ini tidak mudah untuk mendapatkannya dikarenakan harganya yang cukup mahal untuk sebagian orang. Maka kita harus ada usaha untuk menabung atau menggunakan layanan kredit […]

Pengertian Deposito Mudharabah Dan Penerapannya

Pengertian Deposito Mudharabah Dan Penerapannya

13 Juni 2019

Di dalam sistem bank syariah, prinsip bagi hasil menjadi karakteristik umum dari landasan dasar operasionalnya secara menyeluruh. Berdasarkan prinsip tersebut, maka bank syariah berfungsi sebagai mitra baik dengan nasabah dan juga pengusaha yang meminjam dana. Dalam bank syariah terdapat produk investasi bernama deposito mudharabah. Pengertian dari deposito sendiri adalah produk investasi dengan jangka waktu tertentu […]