Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan
Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

Akademi AlSalaam

Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

30 Januari 2023

Hadapi 2023 dengan Optimis melalui kualitas finansial yang stabil pasti dijadikan impian bagi banyak orang. Namun dengan adanya isu resesi, sahabat harus mulai menerapkan sistem pengaturan yang tepat terhadap keuangan sahabat untuk hadapi 2023.

Melalui cara-cara tepat di bawah ini, sahabat bisa mencoba memulai mengatur manajemen keuanganmu. Selamat mencoba!

Cara Mengatur Keuangan

1. Anggaran Keuangan

Apa yang sahabat lakukan pertama kali? Pertama Mengatur anggaran keuangan, mengatur anggaran keuangan adalah faktor utama yang bisa sahabat jadikan modal awal mengatur manajemen keuanganmu menjadi lebih baik.

Anggaran keuangan biasanya diisi oleh segala perhitungan finansial berupa pemasukan, pengeluaran, investasi dan layanan kesehatan. Anggaran keuangan ini tidak bisa dianggap remeh, karena penting sekali agar sahabat bisa mengetahui aspek apa saja yang sangat dibutuhkan dan sedang tidak dibutuhkan.

Jadi, yuk kita aware dengan kondisi financial kita.

2. Menabung

Menabung terlihat mudah, tapi nyatanya tidak. Bagi sebagian orang mungkin menyenangkan, sebagiannya lagi mungkin saja menyebalkan. Memiliki tabungan untuk dana darurat adalah hal yang harus menjadi prioritas sahabat dana darurat yang sahabat harus miliki minimal sebesar 6 kali pengeluaran bulanan.

Tabungan sahabat harus disimpan di tempat aman dan nyaman jika sewaktu-waktu sahabat butuhkan sahabat dapat langsung menggunakannya. Misalnya, sahabat dapat menabung di bank syariah AlSalaam. Sahabat dapat mengalokasikan dana sebesar minimal 10% dari penghasilan sahabat tiap bulan sebagai tabungan dana darurat.

3. Catatan Keuangan

Hayyo siapa yang belum punya catatan keuangan?

Sahabat pasti sudah tidak asing lagi dengan catatan keuangan, terutama bagi anak-anak rajin yang semasa sekolah selalu dipercayai sebagai pemegang uang kelas mingguan di masa sekolahnya.

Catatan keuangan memang tidak bisa dianggap sepele, karena catatan keuangan bisa dijadikan bukti nyata yang berguna untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan sehari-harinya secara rinci. Catatan keuangan ini juga sangat membantumu dalam mengetahui pengeluaran apa saja yang telah sahabat lakukan selama memulai belajar mengatur keuanganmu.

4. Prioritas Kebutuhan

Kebutuhan yang sangat banyak dan terus bertambah setiap harinya, tentu membuat dirimu semakin kebingungan ya kan?

Tapi tenang, mengelola keuangan yang baik sebaiknya dimulai dari prioritas kebutuhan.

Mengatur prioritas kebutuhan untuk keuanganmu adalah tindakan yang baik agar sahabat mengetahui prioritas mana saja yang baiknya didahulukan ataupun yang baiknya tidak perlu dilakukan. Sama halnya dengan menaruh cicilan, bahan pokok, pembayaran listrik dan air di prioritas utama, sementara sepatu baru termasuk barang-barang yang baiknya sahabat taruh dibagian akhir prioritasmu.

5. Miliki Tujuan Hidup di Masa Depan

Apakah sahabat sudah memiliki tujuan hidupmu? Apakah sahabat akan menjadi seseorang yang sahabat impikan sebelumnya atau bahkan sahabat menjadi yang berbeda namun tetap lebih baik daripada sebelumnya?

Rencana dan tujuan hidup memang terlihat abu-abu tapi apa pun yang terjadi di masa depan nanti, rencana atau tujuan hidup tetap harus sahabat miliki.

Dalam memulai langkah kedepan, sahabat akan dipertemukan dengan berbagai kondisi yang beragam. Oleh karena itu, ada baiknya rencana dan tujuan hidup ke depannya mulai sahabat susun sejak awal. Salah satunya, rencana manajemen keuangan yang lebih baik mulai sahabat lakukan sejak hari ini untuk masa depan yang lebih cerah.

6. Investasi

Apakah investasi asing bagimu?

Investasi ini sama halnya dengan mengelola keuangan dengan baik, caranya sahabat dapat membuka tabungan berjangka dengan adanya bagi hasil ataupun membuka deposito diinstansi perbankan terpercaya, uang yang sahabat miliki akan terus berkembang dan bertambah.

Maka dengan kondisi keuangan yang baik dan investasi yang selalu berjalan dengan lancar, sahabat tentu akan bisa merealisasikan rencana sahabat di masa depan nanti.

Berita Lainnya

Mobil Pertama Pasti Istimewa

Mobil Pertama Pasti Istimewa

17 September 2023

Mobil pertama menjadi momen yang mungkin akan terus dikenang oleh semua orang. Karena momen tersebut bisa memunculkan kebahagiaan kita, apalagi membeli dengan jerih payah sendiri. Tetapi, membeli mobil pertama bisa menjadi momen menakutkan juga, apabila kita tidak bisa membeli dengan tepat. Banyak hal yang harus diperhatikan seperti jenis mobil, budget, dokumen bahkan kondisi kita sendiri. […]

Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?

Literasi Keuangan, Penting Banget Ya?

26 Mei 2023

Literasi keuangan menjadi sebuah pembahasan menarik dan dianggap penting serta dikaitkan dengan kondisi kehidupan kita. Hidup memang bukan segalanya tentang uang, tetapi di jaman yang serba elit dan maju ini dari berbagai generasi pasti memerlukan serta menggunakan uang baik untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tersier, sosial dan rohani. Tetapi apakah sudah dikelola dan terencana dengan […]

Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

Hadapi 2023 dengan Optimis, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan

30 Januari 2023

Hadapi 2023 dengan Optimis melalui kualitas finansial yang stabil pasti dijadikan impian bagi banyak orang. Namun dengan adanya isu resesi, sahabat harus mulai menerapkan sistem pengaturan yang tepat terhadap keuangan sahabat untuk hadapi 2023. Melalui cara-cara tepat di bawah ini, sahabat bisa mencoba memulai mengatur manajemen keuanganmu. Selamat mencoba! Cara Mengatur Keuangan 1. Anggaran Keuangan […]