Akad Syariah ? Kenali Macam Jenisnya Akad Di Bank Syariah

BPR Al-Salaam

Mengenal Berbagai Macam Jenis Akad Bank Syariah

Akademi AlSalaam

Mengenal Berbagai Macam Jenis Akad Bank Syariah

28 Mei 2019

Di dalam istilah perbankan syariah kita tahu bahwa akad adalah kesepakatan perjanjian atau sebuah ikatan antara nasabah dengan pihak bank. Disana terdapat sighat atau ijab qobul yang sesuai syariah dan berlaku serta berpengaruh terhadap objek yang akan diikat. Akad bank syariah sendiri merupakan kesepakatan tertulis pihak bank syariah dengan pihak lain yang memuat hak serta kewajiban untuk masing-masing pihak sesuai prinsip syariah.

Akad bank syariah terdiri dari berbagai macam jenis, untuk itu kami akan bagikan informasi mengenai jenis akad yang ada di bank syariah tersebut. Jadi simak terus ulasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis Akad Bank Syariah

1. Murabahah

Ini adalah sebuah akad jual beli dimana harga serta keuntungan yang disepakati pihak penjual dan pembeli. Jenis barang juga sudah diserahkan setelah akad jual beli barang. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara dicicil atau mengangsur pembayaran itu sekaligus.  Dalam hal ini pembeli membayarnya dengan harga lebih sebagai keuntungan yang sudah disepakati bersama.

2. Akad Wadiah

Pengertian dari akad wadiah merupakan akad penitipan barang atau uang antara pihak yang memiliki barang atau uang. Dengan pihak yang diberi kepercayaan untuk menjaga keamanan, keselamatan dan keutuhan dari barang atau uang yang dititipkan.

3. Istishna

Akad istishna merupakan akad pembiayaan barang yang diwujudkan dalam bentuk pemesanan dan pembuatan barang. Dengan kriteria dan juga syarat tertentu yang telah disepakati antara pemesan atau pembeli dan penjual atau pembuat.

4. Akad Hawalah

Yang dimaksud dengan akad hawalah merupakan akad pengalihan utang yang berasal dari pihak berutang kepada pihak lain. Sehingga wajib membayar atau menanggungnya.

5. Musyarakah

Selain itu, ada juga akad musyarakah yang merupakan akad kerjasama antara dua pihak atau lebih dalam sebuah usaha tertentu. Dimana masing-masing pihak akan memberikan porsi dana dengan ketentuan keuntungan akan dibagi sesuai kesepakatan sementara kerugian ditanggung sesuai porsi dana dari masing-masing pihak.

6. Salam

Akad salam merupakan akad pembiayaan dari suatu barang dengan cara memesan. Selain itu, pembayaran harga dilakukan terlebih dahulu dengan syarat tertentu yang sudah disepakati oleh masing-masing pihak.

7. Qardh

Yang satu ini merupakan salah satu akad pinjaman dana kepada nasabah. Ketentuan yang ada dalam akad ini adalah nasabah wajib untuk mengembalikan dana yang sudah ia terima dalam waktu yang sudah disepakati.

8. Akad Ijarah

Pengertian dari akad ijarah adalah penyediaan dana dalam rangka untuk memindahkan hak guna atau manfaat sebuah barang atau jasa. Berdasarkan kepada transaksi sewa tanpa perlu diikuti pemindahan kepemilikan dari barang tersebut.

9. Ijarah Muntahiya Bittamlik

Sementara itu, salah satu akad yang bernama akad ijarah muntahiya bittamlik. Ini adalah akad penyediaan dana untuk memindahkan hak guna atau manfaat sebuah barang atau jasa berdasarkan dengan transaksi sewa. Dengan opsi pemindahan dari kepemilikan barang

10. Musyarakah Mutanaqisah

Selanjutnya akad bank syariah yang bernama musyarakah mutanaqisah ini merupakan akad di antara dua pihak atau lebih yang berserikat atau telah berkongsi pada suatu barang. Dimana ada salah satu pihak yang membeli bagian pihak lain dengan cara bertahap. Akad ini telah diterapkan dalam pembiayaan proyek yang telah dibiayai lembaga keuangan dengan lembaga keuangan lain atau nasabah. Di mana dalam hal ini bagian lembaga keuangan akan secara bertahap dibeli pihak lain dengan mencicil. Akad ini juga telah terjadi pada akad mudharabah yang modal pokoknya didapatkan dari dicicil. Sementara usaha tersebut berjalan dengan modal yang tetap

Berita Lainnya

Implementasi Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

Implementasi Maqashid Syariah untuk Mencapai Good Money Habit

20 Oktober 2022

Pengertian Maqashid Syariah Maqashid Syariah adalah tujuan syariah yaitu sebuah konsep dalam Islam untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat. Menurut Wahbah Al-Zuhaili dalam Ushul al-Fiqh al-Islami bahwa maqashid syariah adalah makna-makna dan tujuan-tujuan yang dipelihara oleh syara’ dalam seluruh atau sebagian besar hukumnya, atau tujuan akhir dari syariat dan rahasia-rahasia yang diletakkan oleh […]

Ingin Mobil Impian Aman ? Ini Cara Aman Dapetinnnya!

Ingin Mobil Impian Aman ? Ini Cara Aman Dapetinnnya!

28 Juli 2022

Mobil merupakan kendaraan roda 4 yang dimana setiap orang pasti merasa bangga jika memilikinya secara pribadi, apalagi mobil yang dimiliki tersebut adalah mobil impiannya. Tetapi mobil impian atau asset yang satu ini tidak mudah untuk mendapatkannya dikarenakan harganya yang cukup mahal untuk sebagian orang. Maka kita harus ada usaha untuk menabung atau menggunakan layanan kredit […]

Pengertian Deposito Mudharabah Dan Penerapannya

Pengertian Deposito Mudharabah Dan Penerapannya

13 Juni 2019

Di dalam sistem bank syariah, prinsip bagi hasil menjadi karakteristik umum dari landasan dasar operasionalnya secara menyeluruh. Berdasarkan prinsip tersebut, maka bank syariah berfungsi sebagai mitra baik dengan nasabah dan juga pengusaha yang meminjam dana. Dalam bank syariah terdapat produk investasi bernama deposito mudharabah. Pengertian dari deposito sendiri adalah produk investasi dengan jangka waktu tertentu […]