Mengenal Skema Atau Simulasi KPR

Mengenal Skema Atau Simulasi KPR

KPR dengan prinsip syariah merupakan salah satu dari produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang banyak ditawarkan di bank-bank Indonesia. Simulasi KPR Syariah jelas berbeda dengan KPR konvensional yang kita kenal pada umumnya. Dalam KPR Syariah yang ditransaksikan adalah barang, dalam hal ini yang dimaksud adalah  rumah dengan prinsip murabahah atau jual beli. Dalam transaksi ini, bank syariah ‘seakan’ membeli rumah yang diinginkan pelanggan dan menjualnya kepada pelanggan dengan sistem cicilan.

KPR Syariah tidak  akan mengenakan bunga, tetapi bank tersebut akan mengambil margin keuntungan yang diperoleh dari harga jual rumah tersebut. Jadi anda tidak perlu khawatir, selain memudahkan dalam segi cicilan, nasabah dari KPR syariah juga akan mengalami keuntungan disaat ingin melunasi angsuran sebelum masa kontrak tersebut berakhir. Karena bank syariah tidak menggunakan sistem penalty seperti bank-bank konvensional yang lain.

Simulasi KPR

Di bank syariah juga tersedia beragam KPR  Syariah yang bisa anda  dipilih sesuai kebutuhan, antara lain :

1.      Skema Jual Beli

KPR Syariah dengan simulasi jual beli ini memberi kepastian mengenai jumlah angsuran yang harus dibayar nasabah setiap bulannya karena harga rumah sudah ditetapkan dari sebelumnya saat nasabah menandatangani perjanjian pembiayaan jual beli rumah. Skema jual beli menjadikan masyarakat tidak perlu pusing-pusing dengan naiknya angsuran apabila terjadi kenaikan suku bunga pasar karena nilai angsuran akan tetap sampai masa angsuran itu selesai.

2. Skema Sewa Beli

Pada sistem skema sewa beli, harga sewa  yang ditentukan sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dengan bank yang bersangkutan. Skema ini biasanya digunakan untuk pembiayaan KPR Syariah dalam jangka yang lama. Biaya sewa pada skema ini akan di review setiap bulannya, dan tentunya sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Manfaat Membeli Rumah Lewat KPR

Inilah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika kita membeli rumah lewat KPR :

  1. Biaya Ringan

Jika anda memilih untuk mengajukan kepemilikan rumah dengan simulasi KPR, anda nantinya bisa mendapatkan biaya yang ringan pada awal angsuran. Biasanya biaya awal hanya dikenakan sebesar 30 persen dari harga rumah asli serta dalam bentuk tunai.

  1. Legal Dengan Kepemilikan Rumah

Apabila anda memilih kepemilikan rumah dengan simulasi ini, anda akan memperolah legalitas rumah yang pastinya tidak diragukan lagi. Dokumen, surat tanah, dan surat bangunan akan dijamin lengkap dan diakui. Bank hanya akan memberikan dana untuk pembelian rumah dengan disertai sertifikat yang selanjutnya akan dikirim ke BPN atau Badan Pertanahan Nasional untuk dicek keabsahannya.

  1. Rumah Siap Ditempati

Inilah salah satu keuntungan lain disaat anda membeli rumah lewat simulasi KPR. Selain dana yang dikeluarkan untuk uang muka lebih ringan, anda juga bisa langsung menempati rumah tersebut tanpa harus menunggu angsuran terakhir selesai atau lunas. Anda bisa mengajak rekan maupun sanak keluarga untuk menempati rumah ini dengan leluasa.

  1. Reputasi Pengembang Pasti Terjamin

Kabar baik untuk para pengembang properti. Dalam hal ini, bank juga mencari pengembang properti yang memiliki kualitas terbaik dan terpercaya. Pihak pengembang juga harus memiliki relasi baik dengan pihak bank, karena apabila relasi tidak terjalin dengan baik proses dari pembangunan rumah anda juga akan terganggu.

  1. Investasi dalam Jangka Panjang

Membeli properti melalui simulasi KPR berarti anda juga sedang melakukan investasi dalam jangka panjang. Apabila angsuran KPR sudah lunas, rumah yang anda tempati juga dapat dijual kembali kepada pihak lain. Keuntungan yang lain adalah harga rumah yang anda jual akan cenderung naik dari harga awal. Terlebih apabila letak rumah tersebut berada pada tempat yang strategis sehingga banyak orang yang akan berminat untuk memilikinya. Sehingga, kita bisa menjual rumah tersebut kepada pembeli yang menawarkan harga tertinggi.

  1. Sebagai Keuntungan Bisnis

Selain anda dapat berinvestasi dengan cara menjual rumah kembali, cara lain untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan menyewakan properti tersebut. dengan begitu, ada usaha yang akan mendatangkan keuntungan pada setiap bulannya. Hindari dengan memberikan harga yang terlalu tinggi dari harga sewa sebelumnya.

  1. Proteksi

Keunggulan yang lain ketika membeli rumah dengan simulasi KPR ialah anda akan memperoleh proteksi. Kita akan mendapatkan proteksi berupa asuransi properti yang preminya telah tercantum pada angsuran bulanan KPR. Hal itu berfungsi untuk melindungi rumah dari risiko adanya kebakaran yang akan membahayakan penghuni rumah.

Setelah mengetahui tentang simulasi KPR, BPRS Al Salaam adalah pilihan yang tepat bagi anda untuk memiliki rumah impian. Selain banyak keuntungan yang ditawarkan, anda juga dapat menjual rumah tersebut ke pihak lain setelah angsuran selesai dengan harga yang lebih tinggi. BPRS Al Salaam yang  berdiri sejak tahun 1991 terbukti menghasilkan produk jasa perbankan terbaik bagi nasabahnya serta menciptakan kondisi yang kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.