7 Keuntungan Pinjaman Untuk Modal Usaha Awal Berbasis Syariah

7 Keuntungan Pinjaman Untuk Modal Usaha Awal Berbasis Syariah

Membuka usaha tentu saja membutuhkan modal. Melihat fakta tersebut, keterbatasan modal seringkali menjadi kendala saat ingin menjalankan usaha. Namun, anda tak perlu khawatir. Bagi anda yang ingin membuka usaha namun belum memiliki modal, anda bisa mengambil pinjaman modal syariah. Pinjaman untuk modal usaha awal ini menerapkan sistem syariah sehingga terbukti halal dan tanpa riba. Agar lebih jelas, anda simak saja ulasan mengenai pinjaman syariah untuk modal usaha awal yang kami bagikan berikut ini.

Keuntungan Pinjaman Untuk Modal Usaha Awal

Menjalankan usaha tak hanya membantu perekonomian rumah tangga saja, akan tetapi juga mendukung program pemerintah dengan menciptakan lapangan kerja baru. Dengan anda mengambil pinjaman untuk modal usaha awal berbasis syariah itu sendiri, anda dipastikan bisa mendapatkan beragam keuntungan. Berikut ulasannya.

1. Berzakat

Salah satu keuntungan yang bisa anda rasakan apabila memilih pinjaman modal berbasis syariah ialah berzakat. Hal ini dikarenakan sebagian persen dari total keuntungan akan langsung disalurkan untuk zakat. Dengan begitu, anda tak hanya bisa mendapatkan modal saja, akan tetapi juga pahala apabila mengambil pinjaman berbasis syariah.

2. Tanpa Bunga

Pinjaman berbasis syariah juga tidak ada bunganya. Hal ini jelas tidak akan merugikan anda. Seperti yang diketahui, lembaga syariah tidak diizinkan untuk mengambil keuntungan dengan menerapkan sistem bunga. Untuk itu, bagi anda yang membutuhkan modal melalui pinjaman, pastikan anda memilih pinjaman modal berbasis syariah.

3. Halal

Mengambil pinjaman syariah untuk kebutuhan modal sudah terbukti halal karena sesuai dengan syariat Islam. Oleh karena itu, anda tak perlu khawatir saat ingin menggunakan dana pinjaman. Dana yang anda pinjam secara syariah bukanlah riba. Selain itu, proses dalam mendapatkan pinjaman juga menerapkan prinsip Islami.

4. Bagi Hasil

Dalam pinjaman berbasis syariah untuk modal usaha, keuntungan yang diperoleh bukanlah dari sistem bunga, melainkan bagi hasil. Akad bagi hasil ialah akad pembiayaan yang melibatkan lembaga syariah dalam menyediakan dana pinjaman. Sebelum akad berjalan, anda dan lembaga syariah akan menetapkan porsi bagi hasil terlebih dahulu. Dengan begitu, pinjaman syariah dengan sistem bagi hasil ini sangat cocok untuk anda yang tengah merintis usaha.

5. Tanpa Sistem Administratif

Berbeda dengan sistem pinjaman konvensional, pinjaman modal usaha berbasis syariah tidak menerapkan sistem administatif. Hal ini dikarenakan biaya administatif dianggap riba dalam aturan hukum agam Islam. Untuk menggantinya, pinjaman yang berbasis syariah telah menerapkan akad lain seperti akad jual beli.

6. Kesepakatan Bersama

Pinjaman berbasis syariah untuk modal usaha berjalan sesuai dengan kesepakatan bersama. Hal ini dikarenakan anda harus memiliki kesepakatan dengan lembaga syariah sebelum melaksanakan akad. Khususnya kesepatakan mengenai jumlah bagi hasil yang diperoleh dari keuntungan ataupun kerugian usaha yang anda jalankan. Dengan begitu, apabila di tengah perjalanan usaha, anda mengalami kesulitan keuangan, anda bisa mendiskusikan kembali perihal kesepakatan bagi hasil. Pinjaman modal usaha syariah ini mengedepankan nilai kesetaraan, kebersamaan dan keadilan. Hal inilah yang membuat pinjaman modal usaha berbasis syariah banyak direkomendasikan untuk pebisnis pemula.

7. Resiko Lebih Minim

Keuntungan mengambil pinjaman untuk modal usaha awal berbasis syariah lainnya ialah memiliki resiko yang lebih minim. Hal ini dikarenakan lembaga keuangan yang berbasis syariah akan memberikan pinjaman modal sekaligus bertanggung jawab hingga 50% dari jumlah kerugian. Hal ini tentu saja berbeda dengan pinjaman modal usaha secara konvensional. Dengan anda memilih pinjaman syariah, anda memang akan mendapatkan banyak keuntungan.

keyword: pinjaman untuk modal usaha awal

Leave a Reply

Your email address will not be published.