bprs al salaam infobank best sharia finance institutions 2019

Ini dia 66 BPRS Terbaik 2019

The Best Sharia Finance Institutions 2019
Infobank no.496 – 2019 – Vol. XLI
Edisi Khusus Syariah 2019

Torehan Prestasi di Tengah Tekanan NPF

 

Kinerja BPRS menggeliat pada tahun 2018. Dari total 159 BPRS yang di-rating, sebanyak 66 BPRS meraih predikat “sangat bangus”. Namun ancaman menurunnya kualitas pembiayaan masih menghantui.

Industri perbankan syariah Tanah Air, termasuk bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS), mencatatkan pertumbuhan positif dalam setahun terakhir. Bahkan sampai dengan akhir tahun 2018, seluruh komponen keuangan utama BPRS tumbuh double digit, di antaranya pembiayaan, dana pihak ketiga (DPK), laba dan aset.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Mei 2019, terdapat 164 BPRS – setelah likuidasi tiga BPRS per Desember 2018 – yang meramaikan industri perbankan syariah. Total aset 164 BPRS ini naik menjadi Rp 12,22 triliun atau tumbuh 9.40% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Naiknya total aset itu dipicu oleh pembiayaan BPRS yang juga tumbuh 14.06% mencapai Rp 9,74 triliun.

BPRS Al Salaam Amal Salman didirikan pada 9 Oktober 1991 atas inisiatif alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menjadi penggiat Masjid Salman. Dengan modal awal sebesar Rp 69,80 juta kala itu, kini BPRS Al Salaam Amal Salman menjelma menjadi BPRS yang patut diperhitungkan. Kinerja dan prestasinya terus menanjak dari tahun ke tahun.

Sejak didirikan, BPRS Al Salaam Amal Salman memegang prinsip berikut. Prinsip yang dimaksud di antaranya membantu perekonomian masyarakat melalui pelayanan lembaga keuangan bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah, memberikan pelayanan perbankan yang dijiwai ajaran Islam dan dikelola sesuai dengan prinsip ekonomi syariah, yaitu kesetaraan, keterbukaan serta keadilan bagi hasil antara nasabah dan pihak bank; serta menjalankan usaha berlandaskan kebersamaan (solidarity corporate) yang menjunjung tinggi profesionalisme.

Prinsip yang teguh dipegang, jajaran manajemen dan karyawan BPRS yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, ini akhirnya mengantar BPRS Al Salaam Amal Salman mengukir kinerja gemilang, terutama pada 2018. Seluruh komponen keuangannya pun tumbuh double digit.

aset bprs al salaam tahun 2018
penilaian infobank terhadap bprs al salaam 2017-2018

Dengan 4S Visi Bank Syariah Al Salaam,
Syiar – Solusi – Sosial – Sejahtera,
Mari perkuat Layanan kita,
Hujamkan dalam pikiran & sikap kita,
Sehingga semua bisa merasakan Duta Ekonomi Syariah melakukan Layanan
“Dengan Hati, Sepenuh Hati, Menyentuh Hati”
Bismillah, Allahu Akbar.

Share This